* Bab
6
“Para
Kepala Daerah bersinergi dengan Pemerintah Pusat membangun Pulau Kalimantan
menuju arah yang lebih baik. Kebijakan Pemerintahan Jokowi-JK mendapat
apresiasi dari para Kepala Daerah di Kalimantan. Saya berharap pembangunan
infrastruktur yang sedang berjalan dapat selesai sesuai rencana.”
Ir. Joko Widodo,
Presiden Republik Indonesia 2014-2019
PENAJAM,
November 2015. Di hadapan beberapa pejabat tinggi,
pejabat lokal dan kalangan investor, Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan dan
meletakkan batu pertama (groundbreaking)
berbagai proyek strategis yang berada di Provinsi Kalimantan Timur yang
dipusatkan di Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU).
Proyek yang diresmikan
Presiden Jokowi adalah pabrik V PT Pupuk Kalimantan Timur dan revamping asam fosfat PT Petro Kimia
Gresik. Sedangkan yang di-groundbreaking di
antaranya Bentang Panjang Jembatan Pulau Balang, pembangunan kereta api Borneo,
National Marine Science and Tecnopark,
Pelabuhan Benoa Taka di Kabupaten Penajam Paser Utara dan proyek lanjutan Jalan Tol
Balikpapan-Samarinda.
"Yang sudah groundbreaking harus segera dimulai, 3-4 bulan lagi akan saya cek. Kalau saya kerja harus ada target," tandas Presiden Jokowi sembari menegaskan bahwa proyek-proyek yang sudah di-groundbreaking akan dan harus selalu dicek agar tidak berhenti.
Gubernur Kalimantan
Timur Awang Faroek Ishak merasa lega dengan kehadiran Presiden Jokowi di
Kalimantan Timur. Proyek-proyek
strategis yang termasuk dalam Masterplan Percepatan dan Perluasan Pembangunan
Ekonomi Indonesia (MP3EI) Koridor 3 Kalimantan Timur sempat dikhawatirkan
berhenti di tengah jalan lantaran terjadinya estafet kepemimpinan nasional dari
Susilo Bambang Yudhoyono ke Joko Widodo.
Selama Awang Faroek
mengemban amanah memimpin Bumi Etam itu pantang baginya ada proyek berhenti di
tengah sekalipun rezim pemerintahan nasional berganti. Sampai berakhirnya masa
bhakti Presiden Susilo Bambang Yudhoyono pada Oktober 2014, Awang Faroek telah
melaksanakan tiga tahap peletakan batu pertama (groundbreaking) dan peresmian proyek-proyek MP3EI. Puluhan proyek
lagi menunggu groundbreaking dan
peresmian.
Sementara di akhir
Oktober itu, tampuk kepemimpinan nasional berganti dari Susilo Bambang
Yudhoyono ke Joko Widodo. Ada kekhawatiran, ganti kemimpinan (baca: presiden)
akan banyak proyek terhenti dan mangkrak tanpa kepastian kelanjutan.
Tabel
6.1 Tahapan Pelaksanaan MP3EI di Kalimantan Timur
TAHAP
|
JML
PROYEK
|
NILAI
INVESTASI
|
1
|
20
|
Rp230
Trilyun
|
2
|
7
|
Rp17
Trilyun
|
3a
|
9
|
Rp18
Trilyun
|
3b
|
8
|
Rp1,7
Trilyun
|
3c
|
11
|
Rp12
Trilyun
|
4
(Rencana)
|
28
|
Rp503,52
Trilyun
|
Awang Faroek tak ingin
apa yang telah diperjuangkannya demi kesejahteraan dan kemakmuran rakyat Kaltim
terbengkalai tanpa asa. Dia terus melobi pemerintahan baru di bawah
kepemimpinan Presiden Joko Widodo (Jokowi). Titik terang pun muncul. Tanggal 17
November 2015, Presiden Jokowi berkenan melakukan peletakan batu pertama (groundbreaking) beberapa proyek MP3EI
senilai Rp87 trilyun.
A.
Investor
Rusia Bangun Jaringan Rel Kereta Api
“Proyek pembangunan
ini yang terbesar di Indonesia, sebagian besar biayanya dari investor asing. Di
antaranya Russian Railways dari Rusia,” jelas Awang Faroek usai mendampingi
Presiden Jokowi melakukan groundbreaking
yang juga dihadiri Presiden Republik Otonomi Tatarstan (Federasi Rusia) Rustam
Minnikhanov dan Presiden Direktur Russian Railways. Khusus nilai investasi yang
ditanamkan Russian Railways untuk pembangunan kereta api Borneo dan Techno Park
mencapai Rp72 trilyun. “Semua dari Rusia, bukan pinjaman, melainkan investasi,”
Awang menambahkan.
Gubernur yang tak
kenal lelah membangun daerahnya ini memaparkan proyek pembangunan rel dua jalur
kereta sepanjang 900 kilometer ditargetkan selesai dalam lima tahun. “Jalur
pertama dari Kutai Barat sampai ke Kawasan Industri Buluminung di Balikpapan,
jalur kedua dari Kutai Kartanegara sampai KEK Batuta Trans Kalimantan,” jelas
Awang.
Jalur kereta api
tersebut akan digunakan untuk kereta api penumpang dan angkutan barang.
Presiden Direktur PT Kereta Api Borneo (KAB) Andrey Shigaev menerangkan
realiasasi proyek ini akan memberikan dorongan kuat untuk pertumbuhan ekonomi
di seluruh wilayah Kalimantan.
PT KAB merupakan
perusahaan yang mengoperasikan infrastruktur rel kereta api, terutama membangun
rel untuk memenuhi kebutuhan pengangkutan batubara di Kalimantan. Perusahaan
ini didukung penuh oleh perusahaan kereta api terbesar di dunia asal Rusia,
Russian Railways. Rencana operasional PT KAB di Kalimantan Timur akan
menghubungkan Kutai Barat, Paser, PPU dan Balikpapan.
Shigaev menerangkan,
bila pembangunan tidak tertunda, pengangkutan pertama batubara ke pelabuhan
melalui jalur kereta api sudah dapat dilakukan pada tahun 2018. Ini menjadi
satu langkah lagi untuk Kaltim menjadi provinsi yang maju berkat adanya
angkutan barang terutama migas, hasil hutan dan crude palm oil dengan nilai investasi Rp72 trilyun.
Gubernur Awang Faroek
berhasil merayu investor Russian Railways untuk menggelontorkan modalnya
membangun jalur kereta api tersebut. “Kami menyadari keuangan negara tidak akan
sanggup membangun jaringan kereta api di Kalimantan. Jadi kami menggandeng
investor untuk merealisasikan rencana tersebut,” tutur Awang.
Di awal pembangunan
akan dibangun jalur kereta api sepanjang 196 kilometer dari Kabupaten Kutai
Barat sampai Balikpapan. Pihak Russian Railways juga akan bertanggung-jawab
membangun 23 jembatan di jalur tersebut.
Awang menjanjikan
sarana tersebut tidak hanya ditujukan bagi angkutan barang semata. Kereta
impian ini juga disiapkan agar dapat mengangkut penumpang dari pedalaman Kutai
Barat, Kutai Kartanegara, PPU dan Balikpapan. Kehadiran Russian Railways
melalui PT Kereta Api Borneo khusus pengangkut SDA (multipurpose) dinilai efektif ketika dikombinasikan dengan rencana
pemerintah membangun kereta api penumpang yang menghubungkan daratan Pulau
Kalimantan. Untuk sinkronisasi program antara pemerintah (pusat) dan pemerintah
daerah diperlukan dalam perencanaan pembangunan kereta api di Kaltim.
“Yang dibutuhkan
sekarang duduk bersama antara pemerintah (pusat) dengan pemerintah daerah untuk
sinkronkan perencanaan. Mudah saja disatukan pembangunannya. Dikombinasikan
rencana menyatukan daratan Kalimantan tersebut dengan program yang telah kami
persiapkan,” terang Awang Faroek.
Menurut dia,
pemerintah seharusnya bersyukur Kaltim punya rencana membangun kereta api multipurpose. Pemerintah cukup
menyinkronkan saja agar tidak semua kegiatannya menguras dana APBN. Kondisi
keuangan negara seperti sekarang dinilai tidak cukup kuat untuk menuntaskan
secara keseluruhan sesuai target menghubungkan daratan Kalimantan dengan
jaringan kereta api. Bila dikombinasikan maka dapat diketahui pembagian
tanggung jawab pendanaannya. Mana yang dibiayai APBN dan mana pula yang
dibiayai Russian Railways melalui program kereta api Kaltim.
“Waktu kunjungan kerja
ke Rusia, saya sudah tanya, multipurpose
sama atau tidak dengan kereta angkutan. Ternyata sama, ada ukuran internasional
yang dapat digunakan untuk semua jalur kereta api,” jelas Awang Faroek. Arti
kata, rencana pembangunan kereta api angkutan batubara, berbagai sumber daya
alam dan sumber hayati Kaltim memungkinkan sekaligus dijadikan angkutan
penumpang bersinergi dengan program pemerintah. Prinsipnya kedua proyek kereta
api di Kaltim tersebut harus sukses. Keberadaannya sangat dibutuhkan untuk menjamin
terwujudnya konektivitas antar-wilayah se-Kaltim.
“Ini sesuai dengan
usulan kami ke Presiden dalam rapat bersama Wapres dan Menteri Perhubungan
beberapa waktu lalu. Pak Wapres setuju rel kereta api yang semula khusus
pengangkut batubara menjadi kereta khusus angkutan SDA atau multipurpose,” kata Awang Faroek. Hanya
diperlukan perubahan keputusan Menteri Perhubungan tentang istilah kereta api
khusus batubara menjadi kereta api khusus pengangkut SDA atau multipurpose.
Tampak telah ada
sinkronisasi dengan pemerintah pusat dalam upaya membangun jaringan rel kereta
api. Pemerintah pusat membangun rel kereta api trans Kalimantan yang pada awal tahun
2016 ini mulai pemasangan patok trase dan ditargetkan tuntas pada tahun 2020.
“Pembangunan jaringan
kereta api untuk menghubungkan semua kawasan di Kalimantan merupakan program
pemerintah pusat dan dananya juga berasal dari APBN, kami di daerah hanya
memfasilitasi dan mendukung pelaksanaannya,” jelas Kepala Bidang Perhubungan
Darat Dinas Perhubungan Provinsi Kaltim Mahmud Samsul Hadi sebagaimana dikutip
Majalah INTEGRITAS, edisi 18 –
Januari 2016.
Menurut Mahmud,
pekerjaan trase rel kereta api dilakukan beberapa tahap yang dimulai tahun 2016,
yakni tahap per kawasan mulai dari perbatasan Kalsel-Kaltim hingga Kaltim-Kaltara
sampai pada akhirnya tahun 2020 semua kawasan dapat terhubung.
Tahap pertama yang
dikerjakan adalah trase dari Kabupaten Tanjung di Kalsel untuk menghubungkan
Tana Grogot, Kabupaten Paser, Kaltim, sepanjang 150 kilometer. Saat ini di
jalur tersebut sedang dilakukan uji kelayakan dan pematokan trase yang dananya
berasal dari APBN Perubahan 2015. Selanjutnya, pada 2016 dilakukan penuntasan
detail desain serta analisis mengenai dampak lingkungan (Amdal) oleh Pemerintah
Provinsi Kalsel.
“Kemudian pada 2017
hingga 2018 dilakukan pengadaan atau pembebasan lahan agar bisa dilakukan
pekerjaan lanjutan, yakni pemasangan konstruksi mulai 2018 sampai 2020 dengan
dana dari APBN melalui pola multiyears
contract (kontak tahun jamak),” terang Mahmud Samsul Hadi.
Tahap kedua,
lanjutnya, adalah jalur Tana Grogot sampai Kota Balikpapan sepanjang 84
kilometer yang juga tengah dalam kajian kelayakan dan trase dari dana APBN
Perubahan. “Pembangunan konstruksi dan sarana di jalur ini diperkirakan lebih
cepat, yakni dilakukan pada 2017 dan 2018,” paparnya.
Untuk konstruksi dari
dana APBN dengan pola kontrak tahun jamak 2018 sampai 2020. Sedangkan untuk
pembangunan sarana dananya berasal dari Kementerian Perhubungan dan BUMN/BUMD.
Mahmud menambahkan
untuk jalur Balikpapan ke Samarinda sepanjang sekitar 89 kilometer saat ini
sudah dalam proses kajian trase dan detail desain oleh pemerintah pusat,
kemudian kajian Amdal oleh Pemprov Kaltim. “Sementara untuk konstruksi di jalur
ini akan dilakukan pada 2017 dan 2018 dari dana APBN pola tahun jamak. Dan pembangunan
sarana dilakukan di tahun yang sama dengan dana dari BUMN atau BUMD,” katanya.
B.
Membangun
Pelabuhan dan Techno Park
Selain membangun rel
kareta api, investor asal Rusia itu juga membangun pelabuhan dan Techno Park di
Kabupaten PPU. Pembangunan Marine Techno Park akan diintegrasikan dengan
pengembangan kawasan sentra produksi komoditi unggulan daerah. Proyek ini
diperkirakan menyedot dana sekitar US$5,47 milyar.
Kabupaten PPU dipilih
investor lantaran adanya dukungan pemerintah yang dilandasi dengan posisi
kawasan yang dekat dengan lokasi industri. Di sini banyak berdiri industri
migas yang sudah barang tentu banyak berkaitan dengan kegiatan kemaritiman. Keberadaan
Marine Techno Park di Kaltim sangat penting sebagai pangkalan kapal-kapal riset
di Indonesia yang belum memiliki pangkalan riset yang memadai.
Proyek pembangunan
techno park juga mencakup: Pembuatan kapal patroli bersayap bawah air dengan
kecepatan tinggi (untuk digunakan penjaga pantai) dalam upaya menangkap nelayan
ilegal; Teknologi untuk upgraded brown
coal (buat meningkatkan kalori batubara basah dan batubara kalori rendah) yang
bisa digunakan untuk pembangunan pembangkit listrik tenaga uap dari batubara;
Pabrik olesin untuk bahan baku plastik; Pembuatan pipa plastik (petrokimia);
dan Produksi peralatan hilir CPO (biomassa).
C.
Dari
Jalan Tol Sampai Jembatan
Untuk groundbreaking lanjutan pembangunan
jalan tol Balikpapan-Samarinda sepanjang 99 kilometer, terdapat dua jalur tol
yang diresmikan, masing-masing Kutai Barat sampai Kawasan Industri Buluminung
di PPU dan dari Kutai Kartanegara sampai ke Kawasan Ekonomi Khusus Maloy Batuta
Trans Kalimantan. “Syukur alhamdulillah kami sangat senang sekali, peraturan
Menteri Perhubungan yang selama ini menjadi kendala tadi sudah diperintahkan
untuk disesuaikan. Bapak Wakil Presiden mengatakan, untuk kepentingan bangsa,
aturan dapat diubah,” tandas Awang Faroek.
Pembangunan jalan tol
Balikpapan-Samarinda yang telah mulai dikerjakan sejak 2011 memiliki panjang
keseluruhan 99,02 kilometer dengan total investasi pembangunan mencapai Rp9,5
trilyun. Jalan tol ini dibangun dalam lima paket, masing-masing Paket I sepanjang
25 kilometer dari Km 13 Balikpapan ke Samboja, Paket II 23,3 kilometer dari
Samboja ke Palaran 1, Paket III 21,9 kilometer dari Samboja ke Palaran 2, Paket
IV dari Palaran ke Jembatan Mahkota II di Samarinda, dan Paket V dari Kelurahan
Sepinggan di Balikpapan sampai ke Km 13.
Skema pembangunannya,
demikian penjelasan Gubernur Awang Faroek, Paket I dan V digarap dengan kucuran
dana pemerintah. Tiga paket lainnya dikerjakan oleh pihak swasta melalui lelang
tahun 2015. “Kami dapat dukungan Kabinet Indonesia Bersatu dan Kabinet Kerja.
Ada keputusan Menteri PU di 2010 sampai DPRD Provinsi Kaltim di 2014 untuk
pembiayaan Paket I dan Paket V melalui APBD dan APBN,” paparnya.
“Biayanya sekitar
Rp80-90 milyar per kilometer,” terang Kepala Badan Pengembangan Infrastruktur
Wilayah Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Hermanto Dardak seperti
dikutip www.kompas.com pada 20 Mei 2015.

Sekadar pengetahuan,
pembangunan jalan tol Balikpapan-Samarinda merupakan bagian dari rencana besar Pemprov
Kaltim dalam upaya menghubungkan kawasan-kawasan industri di Kaltim, mulai dari
Penajam Paser Utara, Bontang, hingga Kutai Timur. Jalan tol juga menjadi jalan
keluar pemerintah menghubungkan tiga kawasan industri itu. Pembangunan jalan tol,
khususnya Balikpapan-Samarinda, tidaklah mulus. Sempat tertunda lantaran dibelit
persoalan pembebasan lahan, pemerintah kini mengklaim telah menyelesaikan
permasalahan tersebut.
Kemudian Proyek Pupuk
Kaltim V memperoleh pinjaman dana sebesar Rp1,35 trilyun dan pinjaman yang
bersumber dari lima bank dalam negeri senilai Rp4,38 trilyun dengan jangka
waktu pinjaman 10 tahun.
Sementara itu untuk
pembangunan jembatan yang akan menghubungkan Pulau Balang dengan Kota
Balikpapan senilai Rp1,33 trilyun dilaksanakan oleh tiga kontraktor, masing-masing
PT Hutama Karya, PT Adhi Karya Tbk dan PT Bangun Karya.
Pembangunan Jembatan
Pulau Balang II ini dilaksanakan secara bertahap dari tahun anggaran 2013,
dengan lingkup pekerjaan pembangunan abutment
dan pile cap pilar pada kedua sisi
jembatan.
Dikutip dari www.vivanews.com, Kamis, 17 Juli 2014,
Kepala Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional (BBPJN) VII Direktorat Jenderal
Bina Marga Kementerian Pekerjaan Umum, Bastian S. Sihombing, mengungkapkan
realisasi progres fisik pembangunan yang dananya berasal dari APBN itu telah
mencapai 100 persen. "Sudah mulai konstruksi abutment dan pile cap
pilarnya, yang dilaksanakan dengan kontrak single
years dan untuk multiyears-nya
kita mulai tahun 2014 untuk lima tahun ke depan," katanya.
Bastian menambahkan
bahwa pembangunan jembatan Pulau Balang II ini menggunakan dana APBN murni, dan
karena menggunakan kontrak tahun jamak, maka harus diatur sedemikian rupa agar
tidak mengganggu program tahunan.
Dia menambahkan,
pembebasan lahan untuk proyek ini merupakan tugas pemerintah daerah yang pada medio 2014 tengah dalam proses
pelaksanaan dan sudah hampir selesai waktu itu.
Jembatan Pulau Balang
II merupakan salah satu program strategis yang dilaksanakan oleh BBPJN VII
Kalimantan. Tahun 2014, Balai tersebut mendapatkan anggaran Rp6,4 triliun,
namun mengalami pemotongan menjadi Rp5,8 triliun.
Pelaksanaan
pembangunan Jembatan Pulau Balang II ini merupakan kelanjutan dari proyek
pembangunan Jembatan Pulau Balang yang total panjangnya 1.274 meter. Jembatan
Pulau Balang I atau Jembatan Pulau Balang Bentang Pendek sudah terbangun.
Jembatan ini menghubungkan PPU dan Pulau Balang.
Jembatan Pulau Balang
Bentang Pendek telah dilakukan dengan pembiayaan APBD Pemerintah Provinsi
Kaltim. Panjangnya 470 meter dengan nilai Rp92,9 milyar dan selesai pada tahun
2013.
Jembatan Pulau Balang
kelak akan terhubung dengan sejumlah jaringan jalan dengan rute Riko – Pantai
Lango – Pulau Balang – Tempadang – Kariangau –Km13 outer ring road Balikpapan sepanjang 35,5 kilometer. Pembangunan
ditargetkan selesai tahun 2019.
D.
Membangun
Kawasan Industri Optimalkan Potensi Lokal
Salah satu kemajuan
penting proyek-proyek MP3EI di Kaltim adalah perhatian pemerintahan Presiden
Jokowi dan Wakil Presiden Jusuf Kalla pada tiga kawasan industri utama di luar
Jawa yang berada di Kalimantan Timur. Ketiga kawasan industri itu masing-masing
Kawasan Industri Kariangau dan Buluminung, Kawasan Industri Berbasis Gas dan
Kondensat di Bontang, dan Kawasan Ekonomi Khusus Maloy Batuta Trans Kalimantan
di Kabupaten Kutai Timur. Perhatian Presiden Jokowi tampak pada saat peresmian
Pabrik Pupuk Kaltim V di Bontang pada November 2015 lalu.

Pengembangan kawasan
industri di Kaltim ini sejalan dengan kebijakan transformasi ekonomi yang dilaksanakan
oleh pemerintah daerah sesuai dengan Rencana Pembangunan Jangka Panjang (RPJP)
dan Rencana Pembangunan Jangka Menengah (RPJM) tahun 2013-2019 yang telah
diputuskan dalam Kaltim Summit 2014.
Ketika berpidato pada
pelantikan Dewan Kawasan Industri Kariangau di Balikpapan dan Buluminung di
Penajam Paser Utara tanggal 28 Juli 2015, Gubernur Kaltim Awang Faroek Ishak
mengatakan bahwa Kawasan Industri Kariangau dan Buluminung merupakan kawasan
industri yang memiliki prospek yang sangat menjanjikan dan akan membawa
pertumbuhan ekonomi yang cepat bagi wilayah Kaltim.
Saat sekarang, Kawasan
industri Kariangau memiliki luas 3.565 hektar dan telah terbangun berbagai
fasilitas infrastruktur yang sangat strategis. Di antaranya pembangunan jalan
tol Samarinda-Balikpapan, pembangunan Jembatan Pulau Balang, pembangunan jalan
akses Jembatan Pulau Balang, pengembangan Pelabuhan Internasional Balikpapan
(Pelabuhan Petikemas Kariangau), pembangunan Bendungan Sei Wein, pembangunan
rel kereta api rute Kutai Barat – Balikpapan (130 Kilometer), pembangunan jalan
Petung – Kenangan – Semoi – Sapaku – Sp. Semboja, pembangunan jembatan tol PPU
– Balikpapan, dan pengembangan Bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman (Sepinggan,
Balikpapan).
Lantaran keterbatasan
dukungan lahan yang kurang memadai, Kawasan industri Kariangau diperluas ke
arah wilayah Kabupaten PPU di Buluminung
dengan luas areal 5.000 hektar yang saat ini telah dan akan dibangun Pelabuhan
CPO Astra, Supply Base Eastkal, Pelabuhan Pemda, Terminal Khusus Batubara PT
Penajam Prima Coal, PTBakal Makmur Sejahtera, PT Cipaganti Resources, rencana
Kementerian Ristek RI untuk membangun Pusat Kajian Penelitian Ilmu Pengetahuan
dan Teknologi Bidang Kelautan, Maritime Techno Park. Perusahaan yang akan masuk
antara lain pabrik pulp PT Agrabareksa (dibangun awal 2016), Pabrik Ethanol,
Smelter Nikel dan PT Teraoka (Galangan Kapal).
Tabel
6.2 Industri di Kawasan Industri Kariangau
1
|
PT
Dermaga Kencana Indonesia
|
2
|
PT
Mekar Bumi Andalas (Wilmar Nabati)
|
3
|
PT
Tunas Catur Lestari (Wilmar Nabati)
|
4
|
Pelabuhan
Peti Kemas (PT KKT)
|
5
|
PT
PLN (Persero) PLTU 2x100 MW
|
6
|
PT
Forestra Hijau Mandiri
|
7
|
PT
Kutai Chip Mill
|
8
|
PT
Galangan Kapal Balikpapan
|
9
|
PT
Dermaga Perkasa Pratama (Bayan Group)
|
10
|
PT
Kaltim Kariangau Industri (Bayan Group)
|
11
|
Power
Plan 2x25 MW (Bayan Group)
|
12
|
PT
Balikpapan Environment Service
|
13
|
PT
Petrosea
|
14
|
PT
Chevron Indonesia
|
15
|
PT
Dua-Dua
|
16
|
PT
Semen Gresik
|
17
|
PT
Arya Cipta Nusa Indah Nusantara
|
18
|
PT
Lolo Mitra Pratama
|
19
|
PT
H & H Internasional
|
20
|
PT
Balikpapan Oil Terminal
|
21
|
PT
Sarana Daya Utama
|
22
|
PT
Astiku Sakti
|
23
|
PT
Cemindo
|
24
|
PT
Mandiri Karya Propindo
|
25
|
PT
Kariangau Citra Raya
|
26
|
PT
Edika Agung Mandiri
|
27
|
PT
Raputra Jaya
|
28
|
PT
Cakrawala Bumi Kutai Sejahtera
|
29
|
PT
Kharisma Arraw
|
30
|
PT
Sasma
|
31
|
PT
Ardensi Tata Patra
|
32
|
PT
Altrac 1978
|
33
|
PT
Meratus Line
|
Catatan:
Berbagai sumber
Selain pembangunan rel
kereta api dari Kutai Barat sampai ke Kawasan Industri Buluminung di PPU oleh
PT Kereta Api Borneo dalam kerja sama bilateral dengan Indonesia, akan pula
dikembangkan beberapa peluang bisnis, termasuk peluang untuk menyuplai teknologi
Rusia, barang-barang pabrik dan suku cadang sebagaimana yang telah
direncanakan. Antara lain teknologi untuk mengolah minyak mentah dengan basis
kilang berukuran kecil dan sedang, suplai minyak mentah dari Rusia (Tatarstan),
teknologi eksplorasi dan produksi hulu, serta penyulingan hilir gas alam,
teknologi produksi pipa plastik (polyethylene)
untuk tujuan irigasi di sektor pengembangan industri pertanian di Indonesia
pada umumnya dan Kaltim pada khususnya serta pengiriman suku cadang yang
dibongkar sebagian untuk perakitan lebih lanjut (produksi) untuk kapal patroli
hidrofoil berkecepatan tinggi (untuk penjagaan pantai) bekerja sama dengan
Badan Keamanan Laut (Bakamla) Kaltim.
Adapun tugas Dewan
Kawasan Industri yang dilantik pertengahan 2015 itu antara lain membuat jadwal
dan rencana kerja kegiatan paling sedikit satu kali rapat koordinasi lengkap
dalam waktu tiga bulan; menyusun rencana induk (masterplan) pembangunan kawasan industri di Kariangau dan
Buluminung yang terpadu; mengembangkan BPPMD/PTSP, baik di Kota Balikpapan
maupun di Kabupaten PPU, dan mengkoordinasikan dengan pemerintah provinsi
sebagai wakil pemerintah pusat di daerah; mengendalikan pemanfaatan ruang yang
ada dalam kawasan industri; memberikan kepastian hukum dan segera menyesuaikan
dengan revisi tata ruang wilayah Provinsi Kaltim; serta melakukan koordinasi
dengan para pihak pengambil kebijakan –baik di tingkat pusat maupun di tingkat
daerah.
Mereka diberi tugas
meningkatkan upaya pembangunan industri yang berwawasan lingkungan, mempercepat
pertumbuhan industri, khususnya industri manufaktur, meningkatkan daya saing
industri dengan terus melengkapi pembangunan infrastruktur yang mampu
meningkatkan daya saing daerah Balikpapan dan PPU serta meningkatkan daya saing
investasi dengan melakukan promosi investasi di dalam dan di luar negeri.
Gubernur Awang Faroek
juga berharap banyak pada kiprah dan
kontribusi Tim Ahli Percepatan Dewan Kawasan Industri Kariangau dan Buluminung
Provinsi Kaltim, yaitu Direktur Pembangunan Perwilayahan Industri Kementerian
Perindustrian, Direktur Pembangunan Fasilitasi Industri Wilayah I Kementeri
Perindustrian, dan Direktur Industri, Ilmu Pengetahuan, dan BUMN Bappenas.
Lantas bagaimana
dengan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Maloy yang sebelumnya bernama Kawasan
Industri dan Pelabuhan Internasional (KIPI) Maloy? KEK Maloy tak terlepas dari target sejuta
hektar perkebunan kelapa sawit pada 2013 yang ditetapkan Gubernur Kaltim Dr H
Awang Faroek Ishak yang ingin menjadikan Kaltim sebagai salah satu provinsi
penghasil crude palm oil (CPO)
terbesar di Indonesia. Terkait hal itu, Kawasan Industri dan Pelabuhan
Internasional (KIPI) Maloy di Kabupaten Kutai Timur dipersiapkan menjadi pusat
pengolahan CPO beserta produk turunannya dan pusat industri yang terintegrasi
dengan pelabuhan berskala internasional.
Terletak pada lintasan
Alur Laut Kepulauan Indonesia II (ALKI II) yang merupakan lintasan laut
perdagangan internasional dan berada pada kawasan pusat ekonomi dunia masa
depan (Pacific Rim) merupakan salah satu keunggulan yang dimiliki KIPI Maloy.
Selain itu, kawasan Maloy juga masuk dalam jalur interkoneksitas Kalimantan dan
Sulawesi, yang dilalui jalur regional lintas trans Kalimantan dan transportasi
penyeberangan ferry Tarakan – Toli Toli dan Balikpapan–Mamuju.
Dasar hukum
pembangunan dan pengembangan KIPI Maloy adalah Peraturan Presiden Nomor 32/2012
tentang Masterplan Percepatan dan Perluasan Pembangunan Ekonomi Indonesia (MP3EI)
Koridor Ekonomi Kalimantan, sebagai Pusat Produksi dan Pengolahan Hasil Tambang
dan Lumbung Energi Nasional. Pun diperkuat dengan Instruksi Presiden Nomor 1/2012,
yang menetapkan Kalimantan Timur sebagai Klaster Industri berbasis Oleochemical
di Maloy, Kutai Timur, serta Peraturan Daerah Nomor 4 Tahun 2009, Visi Kaltim
Bangkit 2013, mewujudkan Kaltim sebagai Pusat Agroindustri dan Energi Terkemuka
menuju Masyarakat Adil dan Sejahtera.
Ditetapkannya KIPI
Maloy sebagai salah satu dari sejumlah proyek pembangunan di Kaltim yang masuk
dalam program MP3EI Koridor Ekonomi Kalimantan merupakan bukti proyek tersebut
sangat strategis dan vital sehingga patut memperoleh dukungan dari pemerintah
pusat.
KIPI Maloy memiliki
dua konsep pembangunan. Pertama,
membangun klaster industri oleochemical dan pengolahan hasil tambang berskala
internasional dalam rangka meningkatkan nilai tambah, menciptakan lapangan
pekerjaan dan peluang bisnis. Kedua,
menyediakan kawasan industri yang berdaya saing tinggi dengan dukungan insentif
dan berbagai kemudahan.
Pembangunan dan
pengembangan KIPI Maloy diperkirakan membutuhkan total investasi mencapai
Rp4,771 trilyun, dengan luas kawasan 5.305 hektar. Tahap pengembangan pertama
seluas 1.000 hektar dan lahan yang sudah dibebaskan seluas 577 hektar.
Percepatan pembangunan
KIPI Maloy dilakukan dengan melakukan pembangunan sarana dan prasarana
pendukung di antaranya industri olien, industri peleburan almunium, stearin dan
PFAD, industri asam lemak, industri biodiesel dan minyak goreng. Ditambah
kawasan penunjang berupa pelabuhan, power plant 2x100 MW, jalur rel kereta api
dan terminal batubara.
Dalam area industri
oleochemical dibangun pelabuhan CPO dengan kemampuan di atas 100.000 DWT. Pada
sisi darat dibangun di atas areal seluas 115,38 hektar dengan fasilitas kantor,
workshop, fire house dan storage tank sebanyak 19 unit dengan
kapasitas masing-masing 3.000 ton/unit.
Selain itu, Pemprov Kaltim
juga mempersiapkan infrastruktur pendukung berupa pembangunan jalan akses
pelabuhan Maloy sepanjang 17 kilometer dengan nilai investasi sebesar Rp229 milyar
berasal dari dana APBN Tahun Anggaran 2011.
Selanjutnya,
pembangunan jalan dalam kawasan industri Maloy sepanjang 8,5 kilometer, nilai
investasi Rp95 milyar berasal dari dana APBD Provinsi Kaltim 2012, progres 20%.
Pembangunan kantor dan fasilitas pendukung Pelabuhan Maloy, nilai investasi
Rp39 milyar berasal dari dana APBD provinsi 2012 Rp7,6 milyar dan 2013 Rp31,4
milyar, progres 11,8%.
Kemudian, pembangunan
fasilitas penyediaan air baku untuk KIPI Maloy dengan nilai investasi Rp200 milyar.
Dengan rincian, pembangunan Bendung Kaliorang Rp30 milyar berasal dari APBD
provinsi 2011-2012. Pekerjaan survey, investigasi dan desain (SID) Bendung
Slangkau pada luasan lahan 1.500 hektar, dengan anggaran Rp2 milyar dari APBD
provinsi 2012.
Pekerjaan model test, sertifikasi Bendung Kaliorang,
nilai investasi Rp1,2 milyar, berasal dari dana APBD provinsi 2012. Serta Amdal
Bendung Kaliorang, nilai investasi Rp600 juta, berasal dari dana APBD provinsi
2012.
Di luar KIPI Maloy,
Pemprov Kaltim juga berupaya meningkatkan infrastruktur jalan guna mendukung
percepatan pembangunan kawasan tersebut. Sejumlah kegiatan dilakukan, antara
lain penanganan/peningkatan jalan Talisayan-Batu Lepok-Sangkulirang dan
peningkatan jalan Sp.Perdau-Maloy.
Penanganan/peningkatan
jalan Talisayan-Batu Lepok-Sangkulirang sepanjang 209 kilometer, dengan nilai
investasi Rp575 milyar berasal dari dana APBD provinsi dan tiga paket multiyears (MYC) 2012-2013, progres
pembangunan fisik sudah mencapai 6% yang dimulai pada awal September 2012.
Peningkatan jalan Sp.
Perdau-Maloy sepanjang 30 kilometer, dengan nilai investasi Rp164 milyar
berasal dari dana APBN yang terbagi menjadi dua paket. Untuk paket pertama Tahun
Anggaran 2012 senilai Rp8,9 milyar dan pekat kedua MYC 2012-2014 senilai Rp155
milyar. Progres pembangunan fisik sudah mencapai 86,5%.
Selain pembangunan
jalan, guna mendukung sarana transportasi darat menuju KIPI Maloy, juga
dilaksanakan pembangunan rel kereta api Muara Wahau–Lubuk Tutung sepanjang 150
kilometer, kerjasama Pemprov Kaltim dengan Ras Al-Khaimah Minerals and Metal
Investment, Uni Emirat Arab (UEA), dengan total investasi sebesar US$ 900 juta.
Berikutnya, pembangunan
rel kereta api Tabang–Lubuk Tutung sepanjang 185 kilometer yang dibangun oleh
PT Gunung Bayan dengan total nilai investasi sebesar US$ 1 milyar.
Dalam perkembangannya,
KIPI Maloy diusulkan Pemprov Kaltim untuk menjadi Kawasan Ekonomi Khusus (KEK)
Maloy Trans Kalimantan Economic Zone (MTKEZ) dengan luas 32.800 hektar. MTKEZ
merupakan salah satu lokus pembangunan di Koridor Ekonomi Kalimantan yang akan
menjadi bagian dari postur konektivitas nasional guna memaksimalkan pertumbuhan
ekonomi.
MTKEZ merupakan
integrasi antara KIPI Maloy seluas 5.305 hektar, Kawasan Industri Mineral Trans
Kalimantan Economic Zone (TKEZ) seluas 26.500 hektar dan Kawasan Industri Kimia
Batuta Coal Industrial Port (BCIP) seluas 1.000 hektar. Lokasi yang dipilih
adalah di Kabupaten Kutai Timur, yaitu di Kecamatan Sangkulirang, Kaliorang dan
Bengalon (Lubuk Tutung).
Pembangunan MTKEZ yang
zona industrinya meliputi oleochemical dasar, industri berbasis makanan dan non-makanan
dilakukan untuk memacu perkembangan perekonomian di wilayah timur dan utara
Kaltim, sehingga terjadi pemerataan pembangunan yang mengarah pada peningkatan
kesejahteraan masyarakat sekitarnya.
Hal itu sesuai dengan grand strategy pembangunan ekonomi
Pemprov Kaltim yang mengarah pada pembangunan berkeadilan dan berkelanjutan
dengan mengembangkan industri eksisting (minyak bumi, pupuk, gas, crude palm oil [CPO] dan batubara) dan
membangun industri berbasis pertanian dengan pendekatan skala ekonomi dan
klaster.
“Pemprov Kaltim saat
ini berupaya menjadikan MTKEZ sebagai salah satu Kawasan Ekonomi Khusus (KEK)
dengan menjaga dan meningkatkan daya saing investasi yang didukung dengan
kekayaan sumber daya alam yang melimpah, posisi geografis pada ALKI II, kondisi
keamanan yang kondusif, komitmen pemerintah dalam memfasilitasi investasi dan
ketersediaan sumber daya manusia yang memadai,” ujar Gubernur Kaltim Dr H Awang
Faroek Ishak sekali waktu.
MTKEZ juga didukung
oleh kawasan industri lainnya yang tersebar di wilayah Balikpapan (Kawasan
Industri Kariangau), Samarinda (Kawasan Industri Perdagangan dan Jasa), Bontang
(Kawasan Industri Minyak, Gas dan Kondensat), Berau (Kawasan Industri
Pariwisata), Bulungan (Delta Kayan Food Estate) dan Malinau (Kawasan Hutan
Kayan Mentarang).

Pemerintah Provinsi
Kalimantan Timur terus melanjutkan pembangunan Kawasan Industri dan Pelabuhan
Internasional (KIPI) Maloy, sebuah kawasan industri dan pengembangan ekonomi
terpadu di Kabupaten Kutai Timur.
"Pendanaan
pembangunan KIPI Maloy selain didukung APBD Kaltim juga didukung oleh APBN,
apalagi kawasan ini masuk dalam Masterplan Percepatan dan Perluasan Pembangunan
Ekonomi Indonesia (MP3EI)," ujar Kepala Bidang Perhubungan Laut Dinas
Perhubungan Kaltim Hafidz Lahiya.
Hafidz Lahiya
menjelaskan pada 2015 lalu proyek ini mendapat dana dari APBD Kaltim senilai
Rp15,2 milyar untuk pembangunan sisi laut Pelabuhan Internasional Maloy, antara
lain dermaga, pengerasan lahan helipad
untuk tiga unit helikopter.
Kemudian dari APBN
2015, melalui Direktorat Jenderal Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan,
mengalokasikan dana senilai Rp125 milyar. Dana sebesar itu digunakan untuk
pekerjaan lanjutan berupa fasilitas pelabuhan laut crude palm oil (CPO) pada Pelabuhan Maloy.
Hafidz menambahkan
bahwa pembangunan KIPI Maloy selama ini terus dikebut agar bisa segera menjadi
kawasan ekonomi, seperti pengembangan infrastruktur lahan dan perkantoran.
Dalam pembangunannya,
kawasan ini sebelumnya telah memanfaatkan anggaran sebesar Rp229 milyar baik
dari APBN maupun APBD Kaltim, seperti yang digunakan buat menyiapkan dan
pematangan lahan seluas total 6 ribu hektar.
Pelabuhan tersebut
diproyeksikan menjadi pelabuhan terbesar demi mendukung distribusi sumber daya
alam di Kalimantan Timur, karena disiapkan menjadi terminal utama pengiriman crude palm oil (CPO), kontainer,
batubara, perikanan, dan kebutuhan lain. Pengembangan Pelabuhan Maloy menjadi
prioritas karena untuk mendukung kawasan industri sawit dan turunannya. (*)
kesaksian nyata dan kabar baik !!!
BalasHapusNama saya mohammad, saya baru saja menerima pinjaman saya dan telah dipindahkan ke rekening bank saya, beberapa hari yang lalu saya melamar ke Perusahaan Pinjaman Dangote melalui Lady Jane (Ladyjanealice@gmail.com), saya bertanya kepada Lady jane tentang persyaratan Dangote Loan Perusahaan dan wanita jane mengatakan kepada saya bahwa jika saya memiliki semua persyaratan bahwa pinjaman saya akan ditransfer kepada saya tanpa penundaan
Dan percayalah sekarang karena pinjaman rp11millar saya dengan tingkat bunga 2% untuk bisnis Tambang Batubara saya baru saja disetujui dan dipindahkan ke akun saya, ini adalah mimpi yang akan datang, saya berjanji kepada Lady jane bahwa saya akan mengatakan kepada dunia apakah ini benar? dan saya akan memberitahu dunia sekarang karena ini benar
Anda tidak perlu membayar biaya pendaftaran, biaya lisensi, mematuhi Perusahaan Pinjaman Dangote dan Anda akan mendapatkan pinjaman Anda
untuk lebih jelasnya hubungi saya via email: mahammadismali234@gmail.com
dan hubungi Dangote Loan Company untuk pinjaman Anda sekarang melalui email Dangotegrouploandepartment@gmail.com
KABAR BAIK!!!
BalasHapusNama saya Lady Mia, saya ingin menggunakan media ini untuk mengingatkan semua pencari pinjaman agar sangat berhati-hati, karena ada penipuan di mana-mana, mereka akan mengirim dokumen perjanjian palsu kepada Anda dan mereka akan mengatakan tidak ada pembayaran di muka, tetapi mereka adalah penipu , karena mereka kemudian akan meminta pembayaran biaya lisensi dan biaya transfer, jadi berhati-hatilah terhadap Perusahaan Pinjaman yang curang itu.
Perusahaan pinjaman yang nyata dan sah, tidak akan menuntut pembayaran konstan dan mereka tidak akan menunda pemrosesan transfer pinjaman, jadi harap bijak.
Beberapa bulan yang lalu saya tegang secara finansial dan putus asa, saya telah ditipu oleh beberapa pemberi pinjaman online, saya hampir kehilangan harapan sampai Tuhan menggunakan teman saya yang merujuk saya ke pemberi pinjaman yang sangat andal bernama Ms. Cynthia, yang meminjamkan saya pinjaman tanpa jaminan sebesar Rp800,000,000 (800 juta) dalam waktu kurang dari 24 jam tanpa konstan pembayaran atau tekanan dan tingkat bunga hanya 2%.
Saya sangat terkejut ketika saya memeriksa saldo rekening bank saya dan menemukan bahwa jumlah yang saya terapkan dikirim langsung ke rekening bank saya tanpa penundaan.
Karena saya berjanji bahwa saya akan membagikan kabar baik jika dia membantu saya dengan pinjaman, sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman dengan mudah tanpa stres atau penipuan
Jadi, jika Anda memerlukan pinjaman apa pun, silakan hubungi dia melalui email nyata: cynthiajohnsonloancompany@gmail.com dan atas karunia Allah, ia tidak akan pernah mengecewakan Anda dalam mendapatkan pinjaman jika Anda mematuhi perintahnya.
Anda juga dapat menghubungi saya di email saya: ladymia383@gmail.com dan Sety yang memperkenalkan dan memberi tahu saya tentang Ibu Cynthia, ini emailnya: arissetymin@gmail.com
Yang akan saya lakukan adalah mencoba untuk memenuhi pembayaran cicilan pinjaman saya yang akan saya kirim langsung ke rekening perusahaan setiap bulan.
Sepatah kata cukup untuk orang bijak.
Halo nama saya Cynthia Dafa, saya tinggal di Indonesia, saya ingin menggunakan media ini untuk berterima kasih kepada Yang Mahakuasa Alleh atas hidup saya dan menggunakan saya untuk memenuhi perusahaan ibu yang setia (Perusahaan Investasi Pinjaman Christabel Missan) untuk mengubah hidup saya daripada miskin menjadi kaya, saya memiliki masalah keuangan dan itu sangat buruk dan sulit tetapi terima kasih untuk perusahaan ibu yang jujur dan setia, MRS. CHRISTABEL MISSAN PINJAMAN INVESTASI PERUSAHAAN yang membantu saya dengan pinjaman 300 miliar dan sekarang saya memiliki transfer pinjaman ke rekening bank saya dan saya hanya melakukan pembayaran untuk memindahkan pinjaman saya tanpa menambah rasa sakit saya dan sekarang keluarga saya dan saya bekerja dengan baik dan sekarang Bisnisnya baik-baik saja terima kasih kepada ibu yang jujur kepada Christabel Missan.
BalasHapusJika Anda tahu bahwa Anda membutuhkan pinjaman segera, saya akan merekomendasikan Anda ke Puan Christabel Missan di Email :: christabelloancompany@gmail.com
Instagram ': christabelmissan
Untuk informasi lebih lanjut, Anda masih dapat menghubungi saya, teman saya, yang memperkenalkan saya kepada perusahaan pinjaman ibu yang jujur lianmeylady@gmail.com
Tolong tolong jika mau, Anda masih bisa menghubungi saya cynthiadafaq@gmail.com
Dan Anda juga dapat menghubungi nomor WhatsApp ibu yang jujur +15614916019
Halo nama saya Cynthia Dafa, saya tinggal di Indonesia, saya ingin menggunakan media ini untuk berterima kasih kepada Yang Mahakuasa Alleh atas hidup saya dan menggunakan saya untuk memenuhi perusahaan ibu yang setia (Perusahaan Investasi Pinjaman Christabel Missan) untuk mengubah hidup saya daripada miskin menjadi kaya, saya memiliki masalah keuangan dan itu sangat buruk dan sulit tetapi terima kasih untuk perusahaan ibu yang jujur dan setia, MRS. CHRISTABEL MISSAN PINJAMAN INVESTASI PERUSAHAAN yang membantu saya dengan pinjaman 300 miliar dan sekarang saya memiliki transfer pinjaman ke rekening bank saya dan saya hanya melakukan pembayaran untuk memindahkan pinjaman saya tanpa menambah rasa sakit saya dan sekarang keluarga saya dan saya bekerja dengan baik dan sekarang bisnis berjalan baik-baik saja terima kasih kepada ibu yang jujur kepada Christabel Missan.
BalasHapusJika Anda tahu bahwa Anda membutuhkan pinjaman segera, saya akan merekomendasikan Anda ke Puan Christabel Missan di Email :: christabelloancompany@gmail.com
Instagram ': christabelmissan
Untuk informasi lebih lanjut, Anda masih dapat menghubungi saya, teman saya, yang memperkenalkan saya pada perusahaan pinjaman ibu yang jujur lianmeylady@gmail.com
Tolong tolong jika mau, Anda masih bisa menghubungi saya cynthiadafaq@gmail.com
Dan Anda juga dapat menghubungi nomor WhatsApp ibu yang jujur +15614916019
Halo nama saya Cynthia Dafa, saya tinggal di Indonesia, saya ingin menggunakan media ini untuk berterima kasih kepada Yang Mahakuasa Alleh atas hidup saya dan menggunakan saya untuk memenuhi perusahaan ibu yang setia (Perusahaan Investasi Pinjaman Christabel Missan) untuk mengubah hidup saya daripada miskin menjadi kaya, saya memiliki masalah keuangan dan itu sangat buruk dan sulit tetapi terima kasih untuk perusahaan ibu yang jujur dan setia, MRS. CHRISTABEL MISSAN PINJAMAN INVESTASI PERUSAHAAN yang membantu saya dengan pinjaman 300 miliar dan sekarang saya memiliki transfer pinjaman ke rekening bank saya dan saya hanya melakukan pembayaran untuk memindahkan pinjaman saya tanpa menambah rasa sakit saya dan sekarang keluarga saya dan saya bekerja dengan baik dan sekarang bisnis berjalan baik-baik saja terima kasih kepada ibu yang jujur kepada Christabel Missan.
BalasHapusJika Anda tahu bahwa Anda membutuhkan pinjaman segera, saya akan merekomendasikan Anda ke Puan Christabel Missan di Email :: christabelloancompany@gmail.com
Instagram ': christabelmissan
Untuk informasi lebih lanjut, Anda masih dapat menghubungi saya, teman saya, yang memperkenalkan saya pada perusahaan pinjaman ibu yang jujur lianmeylady@gmail.com
Tolong tolong jika mau, Anda masih bisa menghubungi saya cynthiadafaq@gmail.com
Dan Anda juga dapat menghubungi nomor WhatsApp ibu yang jujur +15614916019
Hai semuanya, Nama saya Angga Annisa dan saya berbicara sebagai orang yang paling bahagia di seluruh dunia hari ini sebelum sekarang saya secara finansial dipukul tanpa harapan akan bantuan apa pun, tetapi ceritanya akan segera berubah ketika saya bertemu dengan Ibu. Saya sangat senang untuk mengatakan keluarga saya kembali untuk selamanya karena saya membutuhkan pinjaman sebesar Rp.700juta untuk memulai hidup saya di sekitar karena profesi saya karena saya seorang ibu tunggal dengan 3 anak dan seluruh dunia tampak seperti itu tergantung pada saya sampai Tuhan mengirim saya kepada sebuah perusahaan yang mengubah hidup saya dan keluarga saya, perusahaan yang takut akan Tuhan, ISKANDAR LENDERS, mereka adalah Juruselamat Tuhan yang dikirim untuk menyelamatkan keluarga saya dan pada awalnya saya pikir itu tidak akan mungkin sampai saya mendapat pinjaman sebesar Rp.700 juta dan saya akan menyarankan siapa pun yang benar-benar membutuhkan pinjaman untuk menghubungi Bunda Iskandar melalui email. [iskandalestari.kreditpersatuan@gmail.com] karena ini adalah pemberi pinjaman yang paling memahami dan baik
BalasHapusContact Details:
e_mail Address:iskandalestari.kreditpersatuan@gmail.com>>>>
WhatsApp:::+6282274045059
Company::Iskandar Lenders"""""
Loan Amount:::Rp.700juta
Name:::::Angga Annisa
Country::::Indonesia
Occupation:Trader
Year:April,2020
Jumlah minimum>>>>>>Rp.100 juta
Jumlah maksimum>>>>>Rp.100 miliar
Halo nama saya Cynthia Dafa, saya tinggal di Indonesia, saya ingin menggunakan media ini untuk berterima kasih kepada Yang Mahakuasa Alleh atas hidup saya dan menggunakan saya untuk memenuhi perusahaan ibu yang setia (Perusahaan Investasi Pinjaman Christabel Missan) untuk mengubah hidup saya daripada miskin menjadi kaya, saya memiliki masalah keuangan dan itu sangat buruk dan sulit tetapi terima kasih untuk perusahaan ibu yang jujur dan setia, MRS. CHRISTABEL MISSAN PINJAMAN INVESTASI PERUSAHAAN yang membantu saya dengan pinjaman 300 miliar dan sekarang saya memiliki transfer pinjaman ke rekening bank saya dan saya hanya melakukan pembayaran untuk memindahkan pinjaman saya tanpa menambah rasa sakit saya dan sekarang keluarga saya dan saya bekerja dengan baik dan sekarang saya bisnis berjalan baik-baik saja terima kasih kepada ibu yang jujur kepada Christabel Missan.
BalasHapusJika Anda tahu bahwa Anda membutuhkan pinjaman segera, saya akan merekomendasikan Anda ke Puan Christabel Missan di Email :: christabelloancompany@gmail.com
Instagram ': christabelmissan
Untuk informasi lebih lanjut, Anda masih dapat menghubungi saya, teman saya, yang memperkenalkan saya kepada perusahaan pinjaman ibu yang jujur lianmeylady@gmail.com
Tolong tolong jika mau, Anda masih bisa menghubungi saya cynthiadafaq@gmail.com
Dan Anda juga dapat menghubungi nomor WhatsApp ibu yang jujur +15614916019 atau +13108626660
saudara-saudara
BalasHapusSaya di sini untuk bersaksi tentang kebaikan Allah dalam hidup saya dan bagaimana saya diselamatkan dari tekanan finansial karena bisnis saya sedang menurun dan keluarga saya dalam keadaan sulit sehingga kami bahkan tidak dapat membayar uang sekolah untuk anak-anak, karena kepahitan mengambil alih hatiku
Suami saya juga menggagalkan karena kami menjalankan bisnis keluarga di (Surabaya, Jawa Timur) dimana kami jadi bingung suami saya mencoba untuk mendapatkan pinjaman dari bank dia menolak pinjaman jadi dia online mencari pinjaman karena dia ditipu oleh sone imposters online yang menjanjikan kepadanya pinjaman dan mengatakan harus membayar biaya untuk mendapatkan pinjaman sehingga husbank saya meminjam uang dari teman-temannya untuk membayar biaya maka mereka meminta biaya lagi dengan beberapa alasan dia harus pergi dan meminjam dari saudaranya di (Bekasi) untuk memastikan dia mendapatkan pinjaman setidaknya untuk biaya kebutuhan keluarga dan setelah dia membuat biaya, dia diminta untuk membayar lagi dengan alasan tertentu, hal ini membuat keluarga kelaparan meningkat sehingga kami harus mengumpulkan makanan dari tetangga dekat kami. dan selama berbulan-bulan kami menderita dan bisnis ditutup untuk sementara waktu
Jadi satu sore yang setia sekitar pukul 14:00 tetangga dekat ini menelepon saya dan mengatakan bahwa dia akan mendapatkan pinjaman dari perusahaan pinjaman secara online sehingga jika dia mendapatkan pinjaman, dia akan mengenalkan saya ke perusahaan tersebut sehingga kami pergi ke ATM bersama-sama dan Memeriksa pinjaman itu tidak ada sehingga kami menunggu sekitar 30 menit kemudian kami mendapat peringatan di teleponnya dari banknya bahwa dia telah menerima uang di akunnya sehingga kami memeriksa saldo rekeningnya dan lihatlah 300 juta kepadanya sebagai pinjaman
Segera saya berteriak di depan umum sambil menangis dan pada saat itu yang bisa saya pikirkan adalah jika saya dengan jumlah seperti itu, masalah saya berakhir, jadi kami pulang ke rumah saya tidak memberi tahu suami saya, dari 1 juta dia memberi saya saya membeli beberapa bahan makanan di rumah dan berlangganan dan tetangga saya dan saya meminta pinjaman kepada perusahaan karena dia memberi saya pedoman sehingga kami mengikuti prosesnya karena prosesnya sama sehingga setelah semua prosesnya, rekan-rekan saya diberi pinjaman oleh saya
ONE BILLION RISING FUND (onebillionrisingfund@gmail.com)
Anda juga bisa mendaftar sekarang dan menyelesaikan masalah keuangan Anda
Saya berbagi cerita ini karena saya tahu bahwa begitu banyak orang di luar sana memerlukan bantuan keuangan dan perusahaan akan membantu Anda
Gmail saya adalah
.(¸. •’´(¸.•’´ * `’•.¸)`’•.¸ ). .(¸. •’´(¸.•’´ * `’•.¸)`’•.¸ ).
`’•.¸(` ‘•. ¸* ¸.•’´)¸.•’´)..«´ ONE BILLRISINGFUND¨`».(¸. •’´(¸.•’´ * `’•.¸)`’•.¸ )..(¸. •’´(¸.•’´ * `’•.¸)`’•.¸ ).(onebillionrisingfund@gmail.com) .(¸. •’´(¸.•’´ * `’•.¸)`’•.¸ ). ..(¸. •’´(¸.•’´ * `’•.¸)`’•.¸ )...(¸. •’´(¸.•’´ * `’•.¸)`’•.¸ ). .(¸. •’´(¸.•’´ * `’•.¸)`’•.¸ ).
Perusahaan Alamat Email:::onebillionrisingfund@gmail.com
Nama Perusahaan :: ONE BILLION RISING FUND
Jumlah Pinjaman ::: Rp.480.000.000.00 IDRPerusahaan
Perusahaan WHATSAPP: +1 267 526 5352
Nama Saya ::::: EFENDI QUEEN LISA
Email Saya::::efendiqueenlisa@gmail.com
Negara :::: Indonesia
Perusahaan Terpercaya
TARIMA KASIH