PRODUKSI SERAT DAUN NANAS

1.  Proses Produksi Serat Daun Nanas

Secara tradisional usaha pemanfaatan daun nanas untuk diambil seratnya sudah lama dilakukan. Pada awalnya proses ekstrasi masih dilakukan secara konvensional, yaitu dengan cara dibusukan melalui perndaman yang kemudian dikerok – kerok dengan menggunakan bambu. Hanya saja proses konvensional tersebut kapasitas produksinya masih sangat terbatas. Pada saat ini proses ekstraksi dilakukan dengan menggunakan Mesin Dekortikator sehingga kapasitas produksinya pun relatife lebih banyak.
Secara garis besar proses pengolahan daun nanas menjadi serat nanas meliputi 5 tahapan, yaitu sortir daun nanas, penggilingan (ekstraksi), perendaman/pencucian, pengerokan dan penjemuran.


2.  Proses Penyortiran
Adapun tujuan dari kegiatan penyortiran daun ini adalah untuk mendapatkan serat daun nanas yang berkualitas. Serat yang bermutu baik dihasilkan dari daun yang sudah matang/tua dan panjang. Daun matang ini ditandai dengan kemasakan pada buahnya, yaitu pada waktu tanaman berumur 12 sampai 18 bulan. Daun nanas yang biasanya diambil sekitar 4-6 lembar dari satu rumpun/pohon nanas dengan ukuran panjang daun sekitar 0,5 – 0,7 m. selain itu syarat lainya daun nanas harus baik (tidak cacat) dan tidak kering.


3.  Proses Ekstraksi
Daun nanas yang telah dipilih dan mempunyai panjang sama, secara sejajar dimasukan ke dalam mesin Dekortikator untuk dilakukan Ekstraksi dengan dilakukan penggilingan. Ekstraksi ini dilakukan untuk memisahkan antara daging daun dengan serat.

4.  Proses Pengerokan
Setelah diekstraksi dengan mesin Dekadikator, pada serat masih terdapat daging daun yang menempel, sehingga harus dilakukan pengerokan (pembersihan daging daun dari serat). oleh sebab itu untuk mempermudah proses pengerokan dan mendapatkan serat yang putih bersih, maka setelah dilakukan penggilingan/ekstraksi, serat direndam terlebih dahulu dengan menggunakan air bersih sekitar 5 menit.
Proses pengerokan atau memisahkan sisa daging daun dengan serat dilakukan secara manual dengan menggunakan pisau yang tumpul. Untuk mendapatkan serat yang bersih biasanya pengerokan bisa dilakukan sebanyak 3-4 kali. Proses pengerokan juga dilakukan untuk meluruskan serat yang baru keluar dari Mesin Dekortikator.

5.  Proses Pengeringan
Setelah serat benar – benar bersih dari daging daunnya, untuk mendapatkan serat yang kering dan kuat, selanjutnya serat dikeringkan (dijemur) menggunakan sinar matahari selama satu hari (tergantung cuaca). Setelah diperoleh serat yang kering maka serat siap dipasarkan atau siap diolah menjadi produk – produk berbahan serat nanas.


6.  Produk Akhir dari Serat Daun Nanas
Pada umumnya serat daun nanas biasa digunakan sebagai bahan baku produk tekstil seperti benang, kain, gordeng, tambang sampai dibuat menjadi pakaian, namun selain itu kami berupaya untuk menciptakan produk akhir dari serat daun nanas melalui pemberdayaan kreatifitas menjadi berbagai produk kerajinan handmade seperti gantungan buat kunci/mobil, kotak kado, kotak tisyu, lampu dinding, pas photo dan beberapa kerajinan handmade lainnya.


Komentar

  1. ada contact person, yang bisa dihubungi yang produksi serat nanas ini ga ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. tempat saya tinggal merupakan penghasil nanas, selama ini daun nanas hanya terbuang percuma (tidak dimanfaatkan), kalau ada yang mau beli serat daun nanas kita bisa berkerja sama.

      Hapus
    2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
  2. Bisa minta nomer yang bisa kami hubungi?thanks ya.

    BalasHapus
  3. untuk menjadi narasumber utk pelatihan dari serat nenas bisa nggak gan? kalo bisa bisa hubungi saya di no 081266736767 ( Asep )

    BalasHapus

  4. Saya secara garis lurus ada turunan ke 4 dari Vetor Abia Busu. Belum semua perjuangan beliau sy tulis, hanya lokasi rote barat laut dari hundihuk netenaen dan pantai utara sda sy datangi.semoga dpt selesai.

    BalasHapus
  5. saya nak dapatkan serat daun nanas ni . macam mana eh nak dapatkan ?

    BalasHapus
  6. Monggo...yg butuh serat daun nenas..call/wa.085216466441

    BalasHapus
  7. Ini adalah Bpk. Benjamin yang menghubungi rincian Email, lfdsloans@outlook.com. / lfdsloans@lemeridianfds.com Atau Whatsapp 1 989-394-3740 yang membantu saya dengan pinjaman 90.000,00 Euro untuk memulai bisnis saya dan saya sangat bersyukur, sangat sulit bagi saya di sini untuk mencoba membuat hal-hal sebagai ibu tunggal tidak mudah dengan saya tetapi dengan bantuan Le_Meridian memberikan senyum di wajah saya ketika saya melihat bisnis saya tumbuh lebih kuat dan berkembang juga. Saya tahu Anda mungkin terkejut mengapa saya meletakkan hal-hal seperti ini di sini tetapi saya benar-benar harus mengucapkan terima kasih jadi siapa pun yang mencari bantuan keuangan atau melalui kesulitan dengan bisnis yang ada atau ingin memulai proyek bisnis dapat melihat hal ini dan memiliki harapan untuk keluar dari kesulitan..Terima Kasih.

    BalasHapus

  8. Saya ada daun nenas di kebun Alhamdulillah lumayan banyak.

    BalasHapus

Posting Komentar