Motif dan Jenis Kerajinan Tangan Khas Kalimantan Barat



Kerajinan Tangan di Kalimantan Barat tidak hanya seni tari dan alat musik tradisional saja melainkan seni kriya juga berkembang di Kalimantan Barat. Kalbar juga dikenal kaya dengan hasil seni kriya. Hasil seni kriya yang paling terkenal adalah anyaman akar keladi air. Baca Juga Getah Nyatu Kerajinan Khas Suku Dayak Kalimantan Tengah.

Anyaman keladi air ini adalah tumbuhan yang hidup di air di daerah rawa - rawa sungai Kapuas. Tumbuhan keladi air termasuk tumbuhan liar yang ada di Kalimantan Barat. Tanaman ini lentur, cukup licin dan berwarna putih. Tumbuhan ini sangat lentur seperti rotan yang telah di olah. 

Motif Dan Jenis Kerajinan Tangan Khas Kalimantan Barat

Selain kerajinan Keladi air di Kalimantan barat juga terdapat jenis kerajinan keramik. Kerajinan keramik ini dapat dijumpai di Singkawang daerah tersebut banyak dipengaruhi budaya Tionghoa, sehingga motif khas buatan jaman Dinasti Ming bergaya Tionghoa. 

Motif khas Kalimantan Barat digunakan sebagai motif budaya khas Kalbar tetapi kerajinan keramik didesain dengan motif keramik Tionghoa. Misalnya Motif dewa dan pusaka, motif naga, motif barongsai dan naga. Baca juga Pertunjukan Tari Pingan Tarian Tradisional Kalimantan Barat.

Komentar