JERUK SIAM PONTIANAK


 Jeruk Pontianak atau yang lebih sering disebut dengan Jeruk Siam Pontianak adalah salah satu varietas Jeruk Siam yang identik dengan kulit yang mengkilat dan tipis. Jeruk Pontianak rasanya manis, salah satu komoditas buah unggulan dari Kota Pontianak.
Varietas Jeruk ini sebenarnya bukan berasal dari Pontianak tetapi dari Kecamatan Tebas, Kabupaten Sambas. Namun sampai saat ini lebih dikenal dengan nama Jeruk Pontianak.
jeruk-pontianakJeruk Pontianak atau Citrus Nobilis Var Microcarpa merupakan jenis Jeruk Siam dengan ciri fisik kulitnya tipis dan licin mengkilat. Jeruk Siam ini rasanya manis dan menjadi salah satu komoditas unggulan Kota Pontianak.
Pada tahun 1979 lalu, perkebunan Jeruk Siam dikembangkan kembali dan sampai tahun 1996 mengalami masa kejayaan yaitu mencapai 10.000 ha lebih dengan produksi 26.000 ton per tahun. Namun, setelah tahun 1996, Jeruk Siam anjlok.
Hal itu pun berdampak pada Monopoli Sistem Tata Niaga Jeruk, yang mengakibatkan harga di tingkat petani jatuh dan total pendapatan tidak cukup membiayai biaya pengeluaran sehingga petani membiarkan pohon Jeruk merangas mati karena tidak terpelihara dan diperparah akibat serangan hama penyakit.

MANFAAT YANG DIDAPAT DARI MENGKONSUMSI BUAH JERUK PONTIANAK

Berikut adalah manfaat-manfaat yang anda dapatkan dari mengkonsumsi Buah Jeruk Pontianak:

jeruk pontianak imedis.net

Mencegah KankerJeruk sangat baik untuk Mencegah Penyakit Kanker seperti Kanker Kulit, Payudara, Paru-paru, Lambung, Mulut dan Usus besar.
Ini dikarenakan buah Jeruk mengandung D-limonene yang merupakan senyawa yang sangat baik untuk mencegah berbagai kanker tersebut.
Menjaga Kesehatan JantungKandungan kalium dalam buah Jeruk berperan dalam menjaga detak jantung agar tetap seimbang.
Sehingga makan Jeruk juga mampu mencegah penyakit Kardiak Aritmia (detak jantung tidak teratur).
Menangkal PenyakitMemperkuat Sistem Kekebalan Tubuh anda. Ini dikarenakan buah Jeruk merupakan sumber Vitamin C.
Fungsi vitamin C yaitu Merangsang produksi Sel Darah Putih dalam tubuh kita.
Sehingga sangat baik dan dapat Meningkatkan Sistem Kekebalan pada tubuh kita.
Melawan Infeksi VirusPenelitian membuktikan kalau kadar Polyphenol dalam buah Jeruk mampu melawan infeksi virus yang menyerang tubuh.
Mengatasi SembelitSerat dalam buah Jeruk bukan hanya cuma ampuh Menurunkan Kolesterol, tetapi juga mengatasi Sembelit dan Masalah susah buang air besar.
Menyehatkan MataKomponen Carotenoid pada buah Jeruk yang diubah menjadi Vitamin A bersifat seperti wortel.
Jika dikonsumsi, kesehatan mata akan tetap terjaga.
Mengontrol Tekanan DarahAda Flavonoid yang terkandung dalam buah Jeruk. Fungsinya adalah Mengontrol Tekanan Darah agar Tetap Stabil.
Melindungi KulitBeta-carotene pada buah Jeruk adalah Antioksidan kuat yang melindungi sel dari kerusakan.
Selain itu, senyawa tersebut juga melindungi kulit dari tanda penuaan.
Menetralkan Keasaman TubuhMeskipun Jeruk bersifat asam sebelum dikonsumsi, ternyata buah yang satu ini punya khasiat Menyeimbangkan kadar Tingkat Keasaman dalam Tubuh.
Karbohidrat SehatSama seperti buah lain yang mengandung gula, keistimewaan buah Jeruk adalah kadar Glikemik Indeks di dalamnya yang hanya berjumlah 40.
Jumlah tersebut tergolong rendah, sehingga Jeruk termasuk sumber karbohidrat sehat yang tak akan meningkatkan berat badan atau kadar gula darah. (http://imedis.net/manfaat-mengkonsumsi-jeruk-pontianak/)

Komentar