Pasuruan Terima Dana Sebesar Rp400 M APBN, Guna Normalisasi Sungai

pasuruan


Guna menanggulangi banjir yang terjadi di Kabupaten Pasuruan, Pemerintah Pusat menepati janjinya dengan mengelontorkan dana sebesar Rp 400 miliar. Khususnya untuk menormalisasikan secara besar-besaran di wilayah yang menjadi kewenangannya.
Mengutip dari laman pasuruankab.go.id, Kamis(9/2), Arie Setiadi Moewanto, Direktur Jenderal Bina Marga pada Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) yang datang ke Kabupaten Pasuruan untuk melihat kondisi real dari sungai-sungai yang ada di Kabupaten Pasuruan.
Arie yang langsung menuju Jembatan Sungai Welang yang berada di Jalan Raya Kraton, Kecamatan Kraton, didampingi oleh M. Amir Hamzah, Kepala Balai Besar Wilayah Sungai Brantas (BBWS) disambut langsung oleh Bupati Pasuruan, HM Irsyad Yusuf dan beberapa Kepala OPD (Organisasi Perangkat Daerah) Kabupaten Pasuruan terkait.
Anggaran sebesar Rp400 miliar telah disiapkan oleh Pemerintah untuk menormalisasikan sungai-sungai yang menjadi kewenangan pusat, yakni yang berada di DAS (Daerah Aliran Sungai). bulan Februari ini, pengerjaannya akan diproses.

Meskipun saat ini sudah mulai dikerjakan, namun perlu diketahui bahwa sifat pengerjaannya adalah multi years atau berkelanjutan. Sehingga bisa selesai dalam 1-3 atau 4 tahun. Selain normalisasi, pihaknya akan melakukan penguatan tebing dan pembuatan bozem-bozem atau kolam besar tempat menampung air, baik yang dari air hujan maupun dari sumber lainnya.
Oleh karena itu, Pemkab meminta kerjasama warga yang ada di sekitar bantaran sungai untuk mendukung kegiatan normalisasi ini. Hal ini dilakukan untuk mengurangi dampak banjir akibat sungai yang tidak mampu lagi untuk menampung debit air hujan
Sedangkan untuk sungai-sungai yang menjadi kewenangan Pemerintah Provinsi Jawa Timur akan segera dinormalisasikan. Pemprov Jatim sudah menyediakan anggaran sebesar Rp 11,7 miliar untuk 14 titik sungai-sungai yang akan dinormalisasi. Termasuk juga rencana penguatan jaringan irigasi di Kecamatan Purwosari dan Pandaan.
Yang menjadi kewenangan dari BBWS adalah sungai-sungai yang ada di DAS (daerah aliran sungai) Welang, Petung, Rejoso dan Lawean. Akhir bulan ini akan terus dilakukan, meskipun perencanaannya masih dilakukan.
Bupati Irsyad mengatakan bahwa kunjungannya ke Kementerian PUPR beberapa waktu yang lalu akhirnya membuahkan hasil. Yakni pemerintah pusat yang telah merealisasikan janji memberikan solusi banjir di Kabupaten Pasuruan.
Dengan begitu, kegiatan yang ada di Kabupaten ini sudah dapat tertangani dengan baik, sehingga berdampak pula pada perekonomian rakyat karna sudah ada solusi. (http://beritadaerah.co.id/2017/02/09/pasuruan-terima-dana-sebesar-rp-400-m-apbn-guna-normalisasi-sungai/)

Komentar