Kadin Babel Dorong Proses Transformasi Perekonomian dan Sinergitas Pemda

Kadin Mendorong Proses Transformasi Perekonomian yang Semula Berbasis Pertambangan


Kamar Dagang Indonesia (Kadin) Bangka Belitung mengadakan Rapimprov (Rapat pimpinan provinsi) mengangkat tema yakni Kadin Babel mendorong sinergitas pemerintah daerah dan dunia usaha untuk meningkatkan laju pertumbuhan ekonomi di Babel.
Mengutip dari laman babelprov.go.id, Rabu (25/1), Ketua Umum Kadin Bangka Belitung Thomas Jusman mengatakan bahwa sinergitas antara pengusaha dan pemerintah daerah (pemda) ditunjukkan dengan penandatanganan MOU dengan pihak Bank Indonesia, BNN, Disnaker dan PHRI. Hal ini dikerjakan untuk menguatkan semangat gotong royong, semangat bergema, bergerak maju dalam mendorong laju pertumbuhan Bangka Belitung.

Kadin Babel ingin mencermati krisis perekonomian yang tengah terjadi dengan mendorong proses transformasi perekonomian yang semula berbasis pertambangan ke sektor pariwisata, perkebunan, kemaritiman, industri kreatif, perdagangan dan jasa.
Kadin Babel mendampingi proses transformasi  dengan  arif antara pertambangan dan pariwisata. Untuk itu Kadin Babel mengharapkan pemda untuk menyelesaikan tata ruang antara pertambangan dan pariwisata, maupun kelautan dan perikanan sehingga terjadi sinergitas yang baik diantara sektor tersebut.
Dengan adanya sinergitas antara pemda dan pengusaha mampu menjaga prinsip keadilan serta mampu mendorong laju perekonomian yang akan meningkat secara signifikan. Sehingga baik pemda maupun pengusaha dapat memberikan kontribusi dalam mensejahterakan masyarakat Bangka Belitung.
Wakil Ketua Umum Kadin Koordinator Wilayah Barat Teuku Zulham mengatakan bahwa percepatan pembangunan dapat terlaksanakan dengan sukses, yakni dengan adanya kerjasama erat antara semua pemangku kepentingan pemerintah  dan swasta.
Plt Gubernur Babel Yuswandi A Temenggung mengatakan Rapimprov Kadin Babel dapat menghasilkan agenda-agenda yang terukur dan berkontribusi dengan baik  bagi kemajuan dan secara langsung berkontribusi bagi perkembangan Bangka Belitung pada saat pembukaan Rapimprov Kadin Babel.
Agenda Rapimprov diminta agar dapat dicermati dan menjadi feedback dalam menyusun perencanaan Bangka Belitung sebagai wujud sinergitas antara pemda dan dunia usaha, yang nantinya menjadi bahan untuk dikoordinasikan oleh Kadin Bangka Belitung.
Diharapkan agar Rapimprov berjalan lancar dan menghasilkan keputusan yang bermanfaat bagi dunia usaha  dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat Bangka Belitung. (http://beritadaerah.co.id/2017/01/27/kadin-babel-dorong-proses-transformasi-perekonomian-dan-sinergitas-pemda/)

Komentar