Hebat, Bupati Ngantor di Bawah Pohon

Bupati Banggai Kepulauan (Bangkep), menggelar rapat bersama stafnya di bawah pohon Kersen samping Rumah Jabatan (Rujab).
 Apa mungkin bupati berkantor di bawah pohon? Ternyata itu benar terjadi di Banggai Kepulauan (Bangkep).
Adalah Lania Laosa, yang bisa melakukan hal itu. Ia lebih memilih berkantor di luar kantornya tanpa meninggalkan kewajiban dan tugasnya sebagai pimpinan daerah.
Menurutnya, dengan selalu berada di lapangan, ia bisa lebih dekat dengan masyarakat dan mengetahui persis keinginan dan aspirasi dari rakyatnya.

Dengan cara itu, ia pun ingin merubuhkan stigma yang selama ini ada, bahwa selalu ada sekat ‘tembok tebal tinggi’ antara rakyat dan pemimpinnya.
“Saya bukan tidak pernah ngantor, namun kantor saya banyak. Mulai dari desa ke desa dan kampung ke kampung. Saya juga membuka kantor di alam terbuka biar tak ada sekat apapun antara masyarakat dengan pimpinannya,” tutur, Bupati Bangkep Lania Laosa, kepada Wartawan, kamis (15/09/16).
Lania mengakui, metode dan cara kepemimpinannya itu pun banyak dicibir dan disalahartikan oleh sejumlah kalangan dengan menyebutnya tak pernah ngantor atau melaksanakan tugas dan kewajibannya sebagai pemimpin daerah.
Namun, hal itu dinilainya sebagai sebuah kritik dan perhatian khusus atas kinerjanya selama ini. Selain itu, ia juga menjadikan ‘nada sumbang’ itu sebagai sebuah motivasi untuk bisa bekerja lebih baik lagi bagi daerah dan masyarakatnya.
“Ini cara kerja saya sebagai pelayan masyarakat. Seorang pemimpin tidak harus selalu ada di kantor, melainkan kita juga harus bergerilya dan selalu berada di tengah-tengah masyarakat,” bebernya.
Untuk itu, ia pun secara khusus memanfaatkan pohon kersen yang berada di samping rumah dinas untuk menerima dan menyerap aspirasi masyarakat.
“Kalau kita berkantor di alam terbuka, masyarakat tidak merasa canggung dan aspirasi masyarakat bisa langsung ditangani tanpa harus terjegal dengan prosedur serta proses birokrasi,” jelasnya.
“Saya lebih senang berkantor di alam terbuka. Biar masyarakat yang membutuhkan saya tidak susah. Tapi tetap ada protokoler, biar teratur,” jelas Ketua DPD Partai Golkar Kabupaten Bangkep ini.
(http://pojoksatu.id/news/berita-nasional/2016/09/15/hebat-bupati-ngantor-pohon/)

Komentar