Potensi Ikan Laut di Biak Menjanjikan

Potensi Kelautan Kabupaten Biak Numfor sangat menjanjikan jika dikelola dengan baik. Hal ini karena hingga kini penjualan ikan begitu banyak dipasaran, termasuk beberapa pasar seperti pasar Bosnik yang dibuka pada hari-hari tertentu, sebab itu pemerintah daerah diminta memberi perhatian.

Hal ini disampaikan salah satu Tokoh Masyarakat Biak, Sergius Sroyer, menyikapi penjualan ikan dalam jumlah banyak yang selalu dibawa masyarakat dari kampung-kampung untuk dijual di Pasar Bosnik dan pasar lainnya di Kabupaten Biak, Papua.
“Wilayah ini kaya dengan potensi ikan laut yang melimpah, namun sampai saat ini pemerintah belum ada perencanaan yang baik sehingga potensi ikan laut itu dapat di kembangkan, misalnya bisa di ekspor ke luar Negeri,” ujar Sroyer, kepada Tabloidjubi.com, di Biak, Kamis (18/5) lalu.
Dari pantauan JUBI, di Pasar Bosnik Distrik Biak Timur, para nelayan sejak pagi sudah berdatangan ke pasar tersebut dengan membawa ikan hasil tangkapan laut lainnya dan menjualnya.
Ditambahkan, perhatian Pemerintah Kabupaten Biak, sangat penting, karena dengan demikian bisa mendorong Pendapatan Asli Daerah (PAD) Biak Numfor, disamping akan memberikan dampak positif bagi peningkatan ekonomi masyarakat.

Sroyer menjelaskan, kekayaan ikan di Biak sangat melimpah. Di pasar Bosnik yang buka setiap hari Selasa dan Kamis, masyarakat datang dari pulau Padaido,Pai,Rani,Undi,Miose Fondi, Auki, langsung menjual ikan dengan harga yang sangat-sangat murah.
“Akan tetapi pembeli sangat kurang dan kadang terlihat masyarakat yang sudah berjualan terpaksa memberikan gratis jualannya jika menjelang sore, karena di pulau masih banyak ikan. Sebab itu, perlunya perhatian pemerintah untuk melihat hal tersebut, guna membantu masyarakat nelayan yang sudah mencari ikan,” tandasnya. (Eveerth Joumilena) dari Tabloidjubi.com

Komentar