HJ. ANA SOPHANA


Hj. Ana Sophana
Hj. Ana Sophana
Seorang sosok wanita yang sangat aku kagumi. Merupakan sosok wanita tangguh dan juga bertanggung jawab. Dialah Hj. Ana Sophana, seorang ibu panutan yang sangat baik bagi anak-anaknya. Selain itu beliau juga memiliki rasa yang sangat kuat untuk membangun Kabupaten Indramayu. Karena salah satu cita-citanya adalah menjadi orang yang berguna bagi negara, khususnya menjadi orang yang berguna bagi Indramayu.
Dalam sejarah atau legenda Indramayu, memang ada tokoh wanita yang menjadi tokoh, bahkan dapat disebut pemimpin Dermayu, yaitu Nyi Endang Dharma. Akan tetapi dalam struktur kepemimpinan formal organisasi pemerintahan sejak kemerdekaan tahun 1945 baru kali ini Indramayu dipimpin oleh Bupati perempuan. Perempuan yang mengawali kepemimpinan ini tidak lain adalah Hj. Anna Sophana. Iya… beliau diberi kepercayaan untuk memimpin Indramayu. Tentu saja beliau menjadi Bupati Indramayu periode 2010-2015 karena kepercayaan dan dukungan dari masyarakat Indramayu.

Bagi masyarakat Indramayu dan juga untuk regional Jawa Barat sudah tidak asing dengan nama Hj. Ana Sophana karena kiprah beliau di berbagai organisasi sosial-kemasyarakatan, usaha, kemanusiaan, dan politik sudah sangat lama dijalaninya sebelum beliau menjabat sebagai Bupati Indramayu. Bagi masyarakat Indramayu dan lingkungan pegawai sosok Ny. Hj. Anna begitu familier dan populer.
Faktor penyebab kepopuleran beliau karena sikap, perilaku, tutur kata, moralitas, dan penampilannya.  Hj. Ana Sophana adalah sosok wanita yang sangat halus, lembut, rendah hati, low profil, dan ramah. Maka oleh sebab itu beliau bisa familier dengan semua kalangan, termasuk pada kalangan orang bawah. Kalau orang sering menyebut dengan istilah wong cilik.
Karena sikapnya yang demikian itu, dipastikan Indramayu selama lima tahun ke depan akan dipimpin dengan penuh kearifan, kelembutan, dan cinta seorang wanita. Karena mandat yang diberikan sebagai Bupati Indramayu akan di jalankan dengan iklas dan juga bertanggung jawab.

Komentar