Daerah Lain Diminta Mencontoh Layanan Perizinan Gratis Sulsel


Daerah Lain Diminta Mencontoh Layanan Perizinan Gratis Sulsel
Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, Yuddy Chrisnandi
Antara

Menteri PANRB Yuddy Chrisnandi menghimbau agar seluruh gubernur dan bupati di Indonesia mencontoh Gebyar Perizinan Gratis yang diselenggarakan Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan.
“Sudah banyak provinsi yang menyelenggarakan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP), namun yang terintegrasi dengan kabupaten/kota hanya di Sulsel,” kata Yuddy di Makassar, Kamis (7/5/2015).
Dia mengatakan, dengan memberikan kemudahan dalam perizinan gratis, secara langsung akan berkontribusi terhadap perekonomian masyarakat.‎
Gebyar Perizinan Gratis yang dilaksanakan Pemprov Sulsel sendiri merupakan yang pertama kalinya digelar di Indonesia. Gubernur Sulsel Syahrul Yasin Limpo mengatakan, PTSP Sulsel melayani 120 jenis izin dengan 20 sektor. Dia berharap, PTSP yang ada di daerah bisa mengikuti bahkan melebihi pelayanan PTSP yang ada di provinsi.
"Kalau tadinya masyarakat dalam mengurus izin pindah-pindah kantor, sekarang tidak lagi. Sepanjang berkasnya lengkap, pengurusan izin tidak lagi menghitung bulan, minggu dan hari, tetapi hanya menghitung waktu. Namun, tentu saja tidak serampangan dalam pemberian izinnya," tutur Syahrul.
Sementara itu, Wakil Presiden Jusuf Kalla melalui teleconference mengapresiasi pelaksanaan Gebyar Perizinan Gratis tersebut. Dia mengemukakan, izin tersebut akan berkontribusi langsung terhadap pertumbuhan ekonomi karena dibutuhkan dalam pengembangan usaha, khususnya untuk mendapatkan bantuan permodalan dari perbankan. (http://kabar24.bisnis.com)

Komentar