Pengusaha Ramaikan Perizinan Terpadu

Pengusaha Ramaikan Perizinan Terpadu
Seorang petugas memeriksa berkas kelengkapan warga saat mengurus perizinan di Balai Kota, Surabaya, kemarin.
 Layanan perizinan terpadu yang digelar Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya di Balai Kota Surabaya direspons positif warga, terutama kalangan pengusaha minimarket atau toko swalayan.

Itu terlihat pada hari pertama pelaksanaan layanan perizinan terpadu kemarin. Pelayan terpadu yang digelar dalam rangka menyambut hari jadi Kota Surabaya (HJKS) ke- 722 itu sedikitnya melibatkan tujuh satuan kerja perangkat daerah (SKPD) yang “pindah kerja” ke Balai Kota.

Mereka adalah Badan Lingkungan Hidup (BLH); Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar); Dinas Pekerjaan Umum, Cipta Karya dan Tata Ruang (DPUCKTR); Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disperdagin); Dinas Pengelolaan Bangunan dan Tanah (DPBT); Dinas Kesehatan (Dinkes); plus Unit Pelayanan Terpadu Satu Atap (UPTSA).

Pelayanan ini terbilang istimewa karena SKPD-SKPD yang menangani perizinan membuka desk dalam satu tempat. Jelas ini akan lebih memudahkan warga selaku pemohon izin karena hanya perlu datang pada satu tempat. Dari sekian desk itu, meja layanan Disperdaginlah yang paling banyak dikunjungi.

Koordinator petugas administrasi dan programer perizinan sekretariat Disperdagin Kota Surabaya, Sugiyono, mengatakan, tamu yang datang ke desk Disperdagin kebanyakan pengusaha maupun konsultan yang datang untuk keperluan mengurus izin usaha toko swalayan (IUTS), izin prinsip dan juga kajian sosial ekonomi (sosek).

“Mayoritas yang datang hari ini dari (pengusaha) minimarket. Rata-rata mengurus kajian sosek sebanyak 14 berkas dan izin prinsip 29 berkas. Tadi juga ada ibu yang mau jualan kue, konsultasi terkait izin tanda daftar perusahaan (TDP) dan surat izin usaha perdagangan (SIUP),” kata Sugiyono.

Salah satu pengusaha toko swalayan, Soni, mengaku datang untuk mengurus IUTS. Semua berkas yang disyaratkan dibawanya. Di antaranya, berkas izin mendirikan bangunan (IMB) dan izin gangguan (HO). Dia juga tidak perlu antre karena oleh petugas langsung diarahkan ke meja pelayanan Disperdagin dan langsung dilayani.

“Saya mendapatkan informasi dari Disperdagin bahwa di Balai Kota ada pelayanan terpadu. Sebagai warga Surabaya, saya merasa dimudahkan dengan adanya pelayanan terpadu ini. Apalagi tidak perlu antre dan langsung dilayani,” ujar Soni.

Selain Disperdagin, meja layanan DPBT juga menjadi sasaran kunjungan warga. Mayoritas mengurus pendaftaran tinggal di rumah susun (rusun) milik Pemkot. Salahsatunya pasangan suami istri, Taufik, 29, dan Zahro, 29.

Pasutri yang tinggal di Bratang ini mengaku ingin mendaftar tinggal di rusun milik Pemkot di Wonorejo. “Sayangnya, rusun yang di Wonorejo sudah penuh dan kami diarahkan ke Rusun di Romokalisari. Meski begitu, kami lega. Paling tidak, kami sudah mendapatkan informasi yang jelas. Pela-yanannya tidak ribet, juga tidak pakai antre,” ujar Taufiq.

Sekretaris Kota (Sekkota) Surabaya Hendro Gunawan mengatakan, pelayanan perizinan di Balai Kota dibuka selama seminggu dan beroperasi pada hari dan jam kerja. Masyarakat dapat mengakses beragam jenis perizinan, mulai layanan kependudukan, kesehatan, izin bangunan, hingga usaha/investasi. Beberapa izin, sebut saja IMB, SIUP, IUTM, HO, bisa dilayani di balai kota.

Bahkan, warga juga dapat mengakses ehealth , sebuah aplikasi yang memudahkan pasien puskesmas mendapatkan layanan kesehatan. “Pada intinya kami ingin mendekatkan pelayanan perizinan kepada masyarakat,” kata Hendro. (http://www.koran-sindo.com/)

Komentar

  1. Halo, saya Renny saya sangat senang saat ini karena semua keinginan hati saya baru saja berarti, setelah mencari pinjaman untuk pengobatan ayah Sakit saya, dan untuk perayaan perayaan Ramadhan sebagainya datang, saya akhirnya mendapat pinjaman dari jenis mrs pemberi pinjaman hati. Rhoda, yang membantu saya mendapatkan pinjaman non agunan, setelah saya ditipu sejumlah besar uang dengan sesama Muslim yang mengarahkan saya untuk pemberi pinjaman palsu, jadi saya ingin menggunakan media ini untuk membiarkan sesama Indonesia tahu bahwa bahkan beberapa disebut pemberi pinjaman palsu, jadi jika Anda perlu pinjaman mendesak dan aman bahkan untuk perayaan sebagainya kedatangan Ramadhan, hubungi Ibu Rhoda Esther, dia adalah salah satu yang saya percaya Allah dikirim untuk menyelamatkan kami untuk perayaan Ramadhan, jadi saya ingin Anda semua untuk bergabung dengan saya terima ibu dan jika Anda membutuhkan pinjaman, Anda dapat menulis dirinya melalui email perusahaan: rhodaqualityloanservice@gmail.com atau
    Pinjaman kualitas rhodaservice@financier.com
    sesama orang Indonesia saya jika Anda menemukan kesulitan Anda dapat menghubungi saya di email ini: rennykomara1992@gmail.com untuk arah lebih lanjut.
    Allah memberkati Anda semua.

    BalasHapus
  2. ,,.,KISAH NYATA ,,,,,,,
    Aslamu alaikum wr wb..Allahu Akbar, Allahu akbar, Allahu akbar
    Bismillahirrahamaninrahim,,senang sekali saya bisa menulis dan berbagi kepada teman2 melalui room ini, sebelumnya dulu saya adalah seorang pengusaha dibidang property rumah tangga dan mencapai kesuksesan yang luar biasa, mobil rumah dan fasilitas lain sudah saya miliki, namun namanya cobaan saya sangat percaya kepada semua orang, hingga suaatu saat saya ditipu dengan teman saya sendiri dan membawa semua yng saya punya, akhirnya saya menaggung utang ke pelanggan saya totalnya 470 juta dan di bank totalnya 800 juta , saya stress dan hamper bunuh diri anak saya 2 orng masih sekolah di smp dan sma, istri saya pergi entah kemana dan meninggalkan saya dan anakanaknya ditengah tagihan utang yg menumpuk, demi makan sehari hari saya terpaksa jual nasi bungkus keliling dan kue, ditengah himpitan ekonomi seperti ini saya bertemu dengan seorang teman dan bercerita kepadanya, Alhamdulilah beliau memberikan saran kepada saya, dulu katanya dia juga seperti saya stelah bergabung dengan KI JAMBRONG hidupnya kembali sukses, awalnya saya ragu dan tidak percaya tapi selama satu minggu saya berpikir dan melihat langsung hasilnya, saya akhirnya bergabung dan menghubungi KI JAMBRONG di No 0853-1712-1219. Semua petunjuk AKI saya ikuti dan hanya 3 hari Astagfirullahallazim, Alhamdulilah Demi AllAH dan anak saya, akhirnya 5M yang saya minta benar benar ada di tangan saya, semua utang saya lunas dan sisanya buat modal usaha, kini saya kembali sukses terimaksih KI JAMBRONG saya tidak akan melupakan jasa AKI. JIKA TEMAN TEMAN BERMINAT, YAKIN DAN PERCAYA INSYA ALLAH, SAYA SUDAH BUKTIKAN DEMI ALLAH SILAHKAN HUB KI JAMBRONG DI 0853-1712-1219. (TANPA TUMBAL/AMAN).
    ;'===

    BalasHapus

Posting Komentar