Sosok Abdul Kholiq Arif

Kholiq Arif
Beliau adalah salah satu sosok berpengaruh dalam majunya Wonosobo dalam beberapa tahun terakhir. Dengan nama lengkap Abdul Kholiq Arif adalah sesok bersahaja yang tidak pernah membedakan rakyatnya dari golongan apapun. Mengawali memimpin Wonosobo sebagai wakil Bupati, tak disangka beliau dipercaya oleh rakyat untuk dua periode berikutnya sebagai pucuk pimpinan (Bupati) hingga tahun 2015 kedepan.
Beliau pernah berkarir sebagai wartawan harian Jawa Pos dari tahun 1992 sampai tahun 2000 maka tidak heran jika beliau memiliki pandangan dan pengetahuan yang luas. Terinspirasi dari sikapAbdurrahman Wahidyang sangat menghargai kerukunan antar umat beragama, beliau mempunyai prinsip bahwa semua umat beragama layak hidup di Indonesia. Itulah sebabnya sejak menjadi Bupati Wonosobo pada 2005 ada perubahan yang nyata dalam kehidupan beragama di Wonosobo. Sebelum kaum beragama minoritas yang ruang geraknya terbatas mulai mendapat kesempatan dalam berbagai kegiatan bersama-sama yang digagas oleh sang Bupati.
Pada November 2012 beliau bertemu dengan putri dari Kerajaan Thailand, Maha Chakri Sirindhorn yang berkunjung ke Dieng dalam rangka mempelajari sejarah Dieng. Dalam kesempatan tersebut beliau memberi Putri Sirindhorn sebuah buku hasil karyanya yang berjudul Mata Air Peradaban.
Pada Juli 2012, Beliau mendapat penghargaan Satya Lencana Wirakarya Pembangunan Bidang Koperasi dan UKM dari Presiden Republik Indonesia, Susilo Bambang Yudhoyono dalam peringatan Hari Koperasi ke-66, di halaman Kantor Gubernur Nusa Tenggara Barat. Penghargaan ini diberikan karena program Beliau yang secara gencar memberdayakan usaha masyarakat kecil dan menegah (UMKM) di Wonosobo.
sumber: Kompasiana dan Wikipedia

Komentar